Total Tayangan Halaman

Jumat, 11 Juli 2014

"SAYANG" Itu simple

Mau tidur, tapi belum ngantuk. Mungkin karena kebanyakan tidur siang. Jadi buat kamu-kamu yang hobinya tidur siang jangan pernah tidurnya di bawah jam 4, karena banyak efek sampingnya. Selain dapat membuat Insomnia, juga menyebabkan kemampuan daya ingat otak lemah (kata blog - blog tentang kesehatan sih).
Aku bingung mau nulis apa, tapi sama aja, biarkan otak yang berfikir layaknya air, dan biarkan jari - jari yang menari diatas keyboard sesuai perintah si otak. 
Mungkin bagi kamu - kamu udah akrab dengan kata "SAYANG", kata ini satu kata tapi banyak makna, bisa di maknai dengan peduli, perhatian, dan lain sebagainya. Terserah deh kamu - kamunya mau ngartiin apa, yang jelas kalau kata orang romantis, sayang itu cuma bisa di rasain. Aku juga sependapat ama mereka - mereka itu. Rasa sayang seseorang itu bisa kita rasain. Cuma kadang kita bingung ama perasaan itu. Karena baik belum tentu sayang. Banyak orang baik kekita tapi dia belum tentu sayang. Mungkin karena kasihan, atau tuntutan, atau kebiasaan hidup. Biasanya yang sering bingung itu orang - orang yang lagi PDKT. Sehingga terlintas di pikiran mereka pertanyaan "sayang gak sih dia tu amaku" atau pertanyaan - pertanyaan lain yang mempertanyakan sayag itu. Sehingga ketika salah tafsir korban PHP pun bertambah.
Menurut aku sih sayang itu simpel. 

Aku belajarnya dari salah satu Pendeta (karena aku Kristen), kalau kita mengkaji sesuatu interaksi masyarakat di luar, cobalah selalu bergerak dari keluarga, sederhananya dari hubungan antara orang tua dan anak, lalu kaitkan dengan kehidupan bermasyarakat ( kehidupan dengan sahabat, pacar, teman - teman sekitar dll) termasuk mengkaji kata sayang itu.

Sayang tulus itu sama semua, perasaan itu sama. Tindakan serta prilaku manusia ketika sudah mengenal kata sayang terhadap apa pun itu pasti sama. Dengan dasar itu kita dapat lebih mudah buat mengkajinya.

Sayang terjelas yang benar - benar kita tau itu dari orang tua ke anak. Kita bisa lihat bagaimana orang tua yang begitu sayang terhadap anak-anaknya. Dia rela melakukan apa saja yang membuat anak nya senang, sebaliknya anak yang sayang kepada orang tuanya dia bakal ngelakuin apa aja yang membuat orang tuanya senang. Orang tua itu gak akan pernah mau melihat anak nya menderita, tidak mau melihat anaknya susah, tidak mau melihat anaknya menangis, dan ketika melakukan kesalahan dia selalu memberi hukuman yang mengarahkan bukan memaksa, yang mendidik dan melatih, bukan mengajar. Tidak ada kata bosan untuk anaknya, tidak ada kata lelah, dan rasa maklum dan sabarnya akan benar - benar terlatih terhadap anaknya ketika melakukan kesalahan. Semua itu akan dirasakan sang anak dan jika anak itu benar - benar sayang ke orang tuanya ia akan mengerti hal itu dan akan melakukan hal yang sama kembali kepada orang tuanya. Karena tidak menutup kemungkinan orang tua tidak pernah salah.

Dari kajian itu kita udah dapat gambaran kata sayang itu gimana, orang yang sayang ke kamu pasti ngelakuin hal yang sama ke kamu. Ia akan rela buat ngelakuin apa saja buat kamu (tau dia sayang, ya jangan malah dibuat jadi pesuruh ), Dia gak akan pernah ngeliat kamu menderita ( tau dia sayang, ya jangan malah dimanfaatin ), Dia gak akan tega ngeliat kamu nangis (tau dia sayang, jangan dimanfaatin nangis jadi alasan ), Kamu gak akan pernah di paksa ama dia, kalau kamu salah kamu bakal diarahin, walaupun dia marah, marah yang tujuannya mengarahkan kamu buat berubah. Dia tidak akan pernah bosan dengan mu, gak akan pernah lelah, dan rasa maklumnya juga besar. Cukup itu. jadi kamu bisa tau dia sayang atau enggak, intinya gak perlu bertanya - tanya dia sayang ato enggak karena semakin kamu bertanya - tanya kamu bakal makin bingung karena sayang itu dirasain bukan dipikrkan atau dipertanyakan. Intinya rasa sayang dan perlakuan yang kamu dapat dari orang tuamu, kamu merasakanya dari dia. Jadi kalok emang dia sayang dia akan ngelakuin hal itu. dan sekarang tergantung kamunya, kalau kamu emang sayang, ya lakuin itu juga, dan aku yakin kok jika kamu sayang seseorang kamu pasti ngelakuin itu., kalau enggak ya cukup baik kepadanya. Jangan sampai dimanfaatkan. kalau udah paham itu, korban PHP yang berjatuhan akan berkurang.

Itu saja buat Malam ini, saya juga belum paham - paham amat kok, paling tidak bisa membantu.
Yang jelas itu menurut pemahaman aku, 
Yang setuju boleh di Like, yang tidak setuju ya udah, ini kan pendapat, aku juga gak paksa buat setuju kok,,
Terimakasih.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar